Sabtu, 16 Juli 2011

Ikan Tenggiri Masak Kemangi

Mendengar akhir-akhir ini banyak orang yang membicarakan masalah daging sapi yang tidak halal, rasanya ngeri banget membayangkan daging sapi yang akan kita konsumsi....jadi bertanya-tanya apakah halal atau tidak ya...jadi juga membayangkan apakah ayam yang dijual di pasar juga halal ya...apakah ayam-ayam itu mati dengan tindakan yang sesuai dengan syariat agama.

Akhir-akhir ini semua mata jadi terbelalak, melihat ada sapi yang sebelum disembelih dicungkil matanya terlebih dahulu, ada sapi yang tercemar timbal karena dilepas di tempat sampah....duh mengerikan ya...kita jadi harus lebih jeli mencari makanan yang halal secara syariat agama islam. Jadi tentu saja kalo saya sebagai muslim harus punya pengetahuan yang lebih tentang makanan yang akan dikonsumsi seperti wagyu, beef steak import yang kita tidak tahu sumbernya halal atau tidak, mesti hati-hati. 

Akhirnya, aku gak makan daging dulu deh....hehehe....makanya postingannya hari ini mengenai si ikan tenggiri. 
Ikan tenggiri yang diinspirasi dari makanan khas manado, padahal sih aku bukan manado loh, tapi si makanan ini tuh kayaknya sudah familiar banget dengan kita ya...

Resep Ikan Tenggiri Masak Kemangi

Bahan-bahan:
500 gram ikan tenggiri segar
1 buah jeruk nipis untuk merendam ikan
Bumbu:
5 siung bawang merah
6 buah cabe rawit merah (bisa ditambahkan bila suka)
1 batang sereh
1 ruas jahe
daun kemangi secukupnya
2 sdt jeruk nipis

Cara membuat:
Rendam ikan tenggiri yang sudah dibersihkan di dalam larutan garam dan jeruk nipis. Diamkan sebentar
Kemudian siapkan minyak goreng. Goreng ikan yang telah direndam tadi sampai matang. Sisihkan.
Haluskan bawang merah, cabe dan jahe. Kemudian tumis bumbu halus tersebut tadi, tambahkan serai yang sudah digeprek, masak sampai wangi. Kemudian masukkan ikan tenggiri goreng, kemangi, dan jeruk nipis. Tambahkan bumbu penyedap, gula dan garam secukupnya. Tambahkan air sedikit agar ikan tidak terlalu kering. Angkat dan sajikan dengan nasi panas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar