Sabtu, 16 Juli 2011

Resep Klappertart

Nggak bosen-bosen nih, postingannya klappertaart. Soalnya emang yang paling megang banget adalah resep klappertart ini je...hehehe....Resep ini adalah resep hasil bongkar pasang resep resep yang malang melintang di dunia maya. Setelah dicoba sana sini, akhirnya aku menemukan resep yang pas menurut ukuranku dan ukuran customer-ku.

Kebetulan bakulan ibunya Nigel dapet pesenan bikin klappertart 40 loyang yang ukuran 10cm x 15cm. Dan ini baru aja kelar dan tepar. Jadinya sambil ngelempengin kaki, sekalian posting aja deh hasilnya. Mumpung lagi anget-angetnya...hehehe...

Resep Klappertart:

Bahan-bahan:
1600 ml air kelapa muda
500 ml fresh milk
100 gram gula kastor
125 gram margarin
50 gram wysmand butter
150 gram tepung terigu
80 gram maizena
9 butir kuning telur
1 kaleng susu kental manis
2 butir daging kelapa muda
rhum essence secukupnya
garam secukupnya
1 sdm vanila essence
100 gram kismis
200 gram kenari cincang

Cara membuatnya:
Bagi air kelapa menjadi 2 bagian. Bagian pertama dicampur dengan margarin, butter, gula sedangkan setengahnya lagi dicampurkan dengan tepung, maizena, garam.
Bagian pertama dimasak hingga mendidih, masukkan setengah bagiannya lagi yaitu campuran air kelapa, tepung dan maizena, aduk terus hingga mendidih.
Kemudian masukkan kuning telur yang sudah dicampur dengan susu kental manis, dan susu segar. Masukkan juga ke dalam panci. Aduk terus, hati-hati jangan sampai gosong bagian bawahnya. Setelah kembali mendidih masukkan rhum essence, vanila, daging kelapa, kenari cincang yang sudah digongso (maksudnya dimatangkan di atas teflon tanpa minyak) serta masukkan kismis. Aduk rata, matikan api dan sisihkan.

Bahan untuk MERINQUE:
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir halus
2 sdm tepung terigu

Cara Membuatnya:
Kocok putih telur sampai mengembang, masukkan gula pasir, kocok hingga kaku dan terakhir masukkan tepung terigu, aduk rata.

Setelah Merinque siap. Sisihkan sementara. Masukkan adonan klappertart yang sudah jadi tersebut di dalam wadah alumunium dan bakar dengan cara au bain marie (yaitu dengan membakar seperti cara ditim, dengan air) sebentar di oven kira-kira 5 menit dengan api sedang. Keluarkan dari oven, lalu masukkan merinque, tata di atas adonan klappertart. Beri kayu manis bubuk, kismis dan kacang kenari utuh dan masukkan lagi ke dalam oven sampai merinque terlihat agak kecoklatan. Siap dihidangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar